PADANG SIDEMPUAN, HARIAN TABAGSEL.com- Sebanyak 336 Calon Haji (Calhaj) asal Kota Padang Sidempuan (Psp) yang masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 19 dilepas secara resmi oleh Pemko Psp, Sabtu (10/6) dari balaikota Psp menuju asrama haji di Kota Medan.

Pelepasan para Calhaj ini dilakukan oleh Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution bersama Kemenag, MUI, Forkopimda, seluruh jajaran pejabat Pemko Psp, IPHI, PC NU, PD MUhammadiyah, ormas, OKP dan para keluarga Calhaj.

Diketahui 336 Calhaj asal Kota Psp ini terdiri dari 123 laki-laki dan 212 perempuan. Yakni, dari Kecamatan Psp Utara 179 Calhaj, Kecamatan Psp Selatan 79 Calhaj, Kematan Psp Batunadua 29 Calhaj, Kecamatan Psp Tenggara 23 Calhaj, Kecamatan Psp Hutaimbaru 21 calhaj dan Kecamatan Psp Angkola Julu 5 Calhaj.

Kemudian sebanyak 351 Calhaj sudah melunasi pembayaran Ongkos Naik Haji (ONH), namun ada 3 Calhaj yang ditunda keberangkatannya, 2 Calhaj karena sakit keras, 2 meninggal dunia dan 8 Calhaj mutas keluar dari Kloter 19 Kota Psp dengan rincia, 4 mutasi ke Kota Medan, 2 mutasi ke Kabupaten Madina, 2 mutasi ke Tapteng. Sehingga totalnya Calhaj asal Kota Psp yang berangkan sebanyak 336 dengan 7 pendamping.

Adapun Calhaj tertua atas nama Hasan Basri Bin Abdul Malik (92 tahun 4 bulan) berasal dari Kecamatan Psp Utara dan termuda Siti Desi Mardiah binti Arsen Hasibuan (28 tahun 7 bulan) berasal dar Kecamatan Psp Batunadua. Mayoritas Calhaj merupakan orang lanjut usia, oleh karena itu butuh perhatian khusus.

Pemko Padang Sidempuan juga telah mengantisipasi kondisi jalan dari Via Batu Jomba, Sipirok, Tapanuli Selatan. Selanjutnya, jemaah akan beristirahat dan makan siang di Porsea, dan di Rest Area Tol Tebing.

Dan menurut jadwal, Calhaj akan dilepas dari asrama haji Kota Medan pada malam hari, pukul 20.00 WIB, menuju Bandara Kuala Namu untuk melakukan proses penerbangan ke Jeddah.

Walikota Psp Irsan Effendi Nasution dalam kesempatan tersebut berpesan kepada Calhaj untuk menjaga kesehatan dan stamina serta saling bantu antar Calhaj asal Kota Psp dan perjalanan Calhaj asal Kota Psp berjalan lancer sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan mendapatkan haji yang Mabrur dan Mabruroh.

Foto: Walikota Psp, Irsan efendi Nasution saat melepas Calhaj asal Kota Psp, Sabtu (10/6). (Ist)

“Dengan mengucapkan Basmalah, kami melepas jemaah haji,” pungkas Irsan.

Kemudian bergantian memberikan pesan kepada Calhaj diantaranya IPHI Psp, Kemenag Psp dan lainnya.

Isak tangis dan suasana haru terlihat dari para sanak family dan keluarga saat melepas keberangkatan para Calhaj asal Kota Psp. (PAP)